Senin, 21 September 2020

Warga Sambut Baik Pembuatan MCK IPAL Komunal di Kampung pangdaharan

 


Wanaraja Siasat Garut, IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah sarana untuk mengolah limbah cair (limbah dari Toilet/ WC, dari air cuci/kamar mandi). Yang akrab bagi  masyarakat adalah IPAL untuk limbah WC/ Kamar mandi dan Tempat Wudhu atau lebih dikenal dengan sebutan IPAL Komunal.

Dibangunan IPAL di kampung  Pangdaharan RW 04 Desa Wanaraja Kecamatan Wanaraja dari Dinas PUPR Kabupaten Garut dan Pengawasan dari Provinsi dengan dibimbing langsung oleh Pembina Ibu Reza Aprilia ST  mendapat sambutan antusias dari Warga.

Nana Rusmana Ketua RW 04 Kampung Pangdaharan Desa Wanaraja Kecamatan Wanaraja di Sela sela pembangunan mengatakan Alhamdulilah kami atas nama warga masyarakat sangat mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Kab Garut, Dinas PUPR dan Pihak terkait yang telah mengalokasikan pembangunan IPAL Komunal di Wilayah kami, Pembangunan IPAL Komunal tentu sangat bermanfaat bagi warga ujar Nana Rusmana.

Kiki Salah satu warga mengatakan kami selaku warga mengucapkan terima kasih di wilayah kami telah dibangun IPAL komunal , MCK IPAL komunal dapat digunakan oleh warga sekitar, warga pasar, jemaah masjid dan anak anak madrasah dan PAUD Ujar Kiki

Cecep Karsana MCK IPAL Komunal  bisa dioperasikan dengan dibentuknya Kelompok Swadaya Masyarakay  (KSM) .

Komponen IPAL lanjut Cecep Karsanah  Komunal terdiri dari  Sanitasi limbah IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah sarana untuk mengolah limbah cair (limbah dari WC, dari air cuci/kamar mandi). Yang akrab bagi  masyarakat adalah IPAL untuk limbah WC lebih dikenal dengan sebutan septik tank.

IPAL bisa dibangun secara pribadi atau digunakan untuk satu keluarga/bangunan dan dioperasikan sendiri. Bisa juga satu IPAL digunakan bersama-sama atau komunal

Komponen IPAL Komunal terdiri dari unit pengolah limbah, jaringan perpipaan (bak kontrol & lubang perawatan) dan sambungan rumah tangga.  Unit Penampungan Limbah  , Saluran Limbah Berbasis Masyarakat ( SLBM) papar Cecep karsana.

Pembangunan MCK IPAL Komunal , tempat penampungan. 2,5 M X 5,5 M dengan kedalaman 3 Meter,  dengan 8 kamar dan Tempat Wudhu jelas Cecep karsana.(RF/Jb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar